Beranda Kesehatan Siwanus Sumule, Minta Kepala Daerah Karantinakan ODP dan PDP

Siwanus Sumule, Minta Kepala Daerah Karantinakan ODP dan PDP

0
Siwanus Sumule, Minta Kepala Daerah Karantinakan ODP dan PDP
dr. Silwanus Sumule, Juru Bicara Tim Gusus Tugas Covid-19 Provinsi Papua { Foto Sumber :www.m.wartaplus.com)

JAYAWIJAYA.NET, Jayapura – Juru Bicara Tim Gusus Tugas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule memeinta kepada Bupati/Walikota se Provinsi Papua untuk segera bertindak tegas dengan mengkarantinakan semua warga yang masuk dalam kategori, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan  Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Menurut dr. Silwanus, karantina dapat dilakukan dengan terpadu dalam satu tempat atau dilakukan dengan cara karantina mandiri dengan pengawasan yang ketat.

Karantina dimaksudkan untuk menemukan siapa yang telah positif mengidap Covid-19, agar dapat dengan cepat dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

” Pemerintah Daerah harus secepat mungkin menemukan orang-orang yang berstatus ODP serta PDP, selanjutnya dikarantinakan disuatu tempat secara bersamaan atau dengan karantina mandiri dengan pengawasan ketat, dikarenakan agar lebih cepat menemukan siapa-siapa yang telah positif Covid-19, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19″ kata dr. Silwanus Sumule, Senin(4/5/2020).

Selanjutnya, dr. Silwanus menjelaskan langkah-langkah yang harus di lakukan Pemda, pertama tetapkan dulu siapa-siapa yang masuk dalam kategori ODP dan PDP kemudian langsung di karantinakan, kedua dilakuakn test dengan menggunakan Rapid Test setelah hasil rapid test dinyatakan positif baru dilanjutak dengan menggunakan swab test atau di sebut (PCR/Polymerase Chain Reaction).

Dan dr. Silwanus meminta pemerintah Daerah untuk menjamin kebutuhan hidup keluarga yang sudah dikarantinakan.

” Hari ini, Senin(4/5/2020) ada penambahan yang cuku signifikan, ODP sejumlah 214 orang dan PDP sejumlah 41 orang” jela dr. Silwanus Sumule.

ODP tersebar di beberapa daerah seperti, Kota Jayapura terdapat 38 orang,Kabupaten  Dogiyai terdapat 2 orang ,  Kabupaten Nduga 3 orang, Kabupaten Yahukimo 3 orang, Kabupaten Asmat 1 orang, Kabupaten Mappi 1 Orang, Kota Mimika 155 orang , kabupaten Paniai 4 orang dan Kota Mearuke 7 orang.

Sedangkan yang berstatus PDP tersebar di Kota Jayapura 15 orang, Keerom 20 orang, Yahukimo 3 orang,  Asmat 1 orang,  Nabire 1 orang dan kota Merauke 1 orang.

Selanjutnya dr. Silwanus Sumule mengharapkan tiap daerah untuk melaporkan setiap harinya berapa jumlah ODP,PDP, Pasien Positif, Pasien Dalam Perawatan, Pasien Sembuh serta pasien yang meninggal dunia.

” saya harap setiap hari Pemerintah Daerah melaporkan secara rinci, berapa jumlahODP,PDP, Pasien Positif, Pasien Dalam Perawatan, Pasien Sembuh serta pasien yang meninggal dunia” tutp Juru Bicara Tim Gusus Tugas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule.

Sumber : papuainside.com

editor : Adi Mubarraq