Beranda Kesehatan Presiden Jokowi Minta Evaluasi lengkap Terhadap Pelaksanaan PSBB

Presiden Jokowi Minta Evaluasi lengkap Terhadap Pelaksanaan PSBB

0
Presiden Jokowi Minta Evaluasi lengkap Terhadap Pelaksanaan PSBB
Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo

JAYAWIJAYA.net, Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo meminta seluruh jajarannya untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), penerapan protokol kesehatan serta pelaksaan Physical Distanching diseluruh daerah.

Dari total 4 Provinsi ditambah 72 Kabupaten atau kota yang telah memberlakukan PSBB dan termasuk yang belum menerapkan PSBB diharapkan dapat memberikan informasi yang detail untuk dapat dievaluasi secara menyeluruh.

” Kita ingin evaluasi secara detai dan menyeluruh hasil dari tiap daerah baik yang telah menerapkan PSBB maupun yang tidak menerapkan PSBB” kata jokowi dalah teleconference Rapat Terbatas, Istana Merdeka, jakarta, Selasa (12/5/2020).

Kepala Negara menyampaikan kondisi saat ini berdasarkan data hasil pelaksanaan PSBB di beberapa daerah dapat disimpulkan :

  • Ada Penurunan secara gradual, konsisten tapi tidak drastis.

  • Ada yang mengalami penurunan tapi tidak konsisten.

  • Ada juga setelah penerapan PSBB tidak jauh berbeda dengan sebelum PSBB.

Maka Jokowi meminta semua jajarannya untuk menggaris bawahi mengapa bisa terjadi seperti itu, dana apa yang menjadi penyebabnya, baru kemudian dibandingkan dengan yang tidak memberlakukan PSBB, apa yang dihasilkan dari perbandingan tersebut.

Jokowi juga menambahkan untuk dapat mengevaluasi daerah-daerah yang tidak menerapkan PSBB,hanya menerapkan protokol yang ketat dan menjaga jarak.

Oleh karena itu Kepala Negara meminta baik untuk yang memberlakukan PSBB maupun yang hanya melakukan pembatasan kegiatan masyarakat serta kebijakan menjaga jarak untuk menyesuaikan dengan kontek di daerah masing-masing.

“ini harus dibandingkan antara yang menerapkan PSBB dengan yang tidak, kebijakan harus disesuaikan dengan konteks menurut daerah masing-masing” imabuhnya.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo meminta kepada Tim Gugus Tuga Covid 19 untuk benar-benar memperhatikan terutama semua untuk Provinsi-Provinsi yang berada di Pulau Jawa, sebagai penyumbang terbanyak kasus positif dan kematian akibat corona.

Diketahui dari provinsi-provinsi di pulau jawa menyumbang 70 persen kasus positif Covid-19, dan 80 persen kasus kematian akibat covid-19.

” Saya minta Tim Gugus Tugas untuk benar-benar memastikan pelaksanaan pengendalian provinsi-provinsi yang berada di pulau jawa berjalan seefektif mungkin dalam dua minggu kedepan” tegas Jokowi.

Presiden juga mengingatkan untuk berhati-hati serta dengan perhitungan yang cermat berdasarkan atas data-data lapangan yang valid serta jangan tergesa-gesa dalam pengambilan keputusan rencana pelonggaran PSBB.

” Untuk pengambilan keputusan rencana pelonggaran PSBB harus dilakukan secara hari-hati, berdasarkan data lapangan yang benar, perhitungan yang cermat dan jangan tergesa-gesa!, hati-hari dengan pelonggaran PSBB!!” pungkas Presiden.

Sumber : presidenri.go.id

Editor : Adi Mubarraq