Beranda Ekonomi Bisnis Keuangan Dan Perbankan Pencabutan Lock Down Di Negara-Negara Maju, Rupiah Kembali Menguat

Pencabutan Lock Down Di Negara-Negara Maju, Rupiah Kembali Menguat

0
Pencabutan Lock Down Di Negara-Negara Maju, Rupiah Kembali Menguat
Gambar hanya ilustrasi

JAYAWIJAYA.net, Jakarta – Seiring melandaninya kasus positif Covid-19, membuat beberapa Negara maju mulai mencabut Lock Down. Dicabutnya Lock down memepengaruhi perdagangan rupiah yang ditansaksikan diantar bank.

Pada penutupan perdangangan sore ini, Senin (11/5/2020) tercatat rupiah mengalami kenaikan posoitif sebesar 0,17 persen atau menguat 25 poin, dari perdagangan pada pembukaan perdagangan senilai Rp 14.920 per Dollar Amerika ditutup menguat menjadi Rp 14.895 per Dollar.

Negara-negara yang mulai membuka Lock Down di Amerika serikat antara lain Ohio, Michigan, dan California yang merupakan penyangga ekonomi dibidang manufaktur Amerika, telah mengambil langkah untuk membuka kembali pabrik dan bisnisnya.

Sedangkan di Eropa, Peracis yang merupakan penyangga ekonomi Eropa telah mulai membuka kembali toko-toko dan berangsur akan dibuka keseluruhan. Sedangkan Negara Eropa lain seperti Jerman, Norwegia, Spanyol, Italia, Denmark telah bersiap untuk membuka Lock Down.

Inggris juga segera melakukan hal yang sama telah bersiap untuk membuka lock down pasca diterpa Covid-19 dengan kematian yang sangat tinggi.

” Pasca dicabutnya Lock Down beberapa negara besar di Amerika dan Eropa, pasar disambut dengan antusias hingga rupiahpun menguat” kata Ibrahim Assuaeibi, Dirut PT.TRFX, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Menurut Ketua Keuangan Nasional Amerika Serika Steven Mnuchin memberikan peringatan bahwa dampak Covid-19 hinggga saat ini akan menimbulkan penggangguran di Amerika Serikat hingga mencapai 25 persen.

Sementara dari data Departemen Ketenagakerjaan Amerika Serikat menunjukkan bahwa sampai dengan April sebanyak 20,3 juta pekerjaan telah hilang, diperkiraakan sampai dengan saat ini telah mencapai 33 juta pekerjaan telah hilang.

Sumber : antaranews.com

Editor : Adi Mubarraq