Beranda Kesehatan Gawat !!!…Surabaya Raya, Kekurangan Tempat Isolasi Untuk Pasien Covid-19

Gawat !!!…Surabaya Raya, Kekurangan Tempat Isolasi Untuk Pasien Covid-19

0
Gawat !!!…Surabaya Raya, Kekurangan Tempat Isolasi Untuk Pasien Covid-19

JAYAWIJAYA.com, Surabaya – Surabaya Raya, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, saat ini mengalami peningkatan yang sangat tajam kasus positif Covid-19, kapsitas Rumah Sakit rujukan yang tersedia tidak mampu lagi menampung pasien yang terus bertambah.

Total Kapasitas Rumah Sakit rujukan yang tersedia saat ini sebanyak 403 tempat tidur, sedangkan menurut data Tim Gugus Tugas Covid-19 Surabaya Raya, saat ini jumlah keseluruhan pasien positif corona mencapai 798 orang, sehingga sebanyak 395 pasien positif Covid-19 saat ini berada di ruang non-isolasi dan Rumah Sakit Non rujukan.

” 395 orang dipindakan ke Rumah Sakit Non Rujukan serta Ruang Non- Isolasi” kata Joni Wahyuhadi, Ketua Rumpun Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur di Grahadi Surabaya, Minggu (3/5/2020).

Sementara di Kabupaten Gresik saat ini terdapat 121 orang pasien positif Covid-19, sedangkan Rumah Sakit Rujukan hanya mempunyai 24 tempat tidur di Ruang Isolasi, sehingga 97 pasien lainnya tak tertampung di Rumah Sakit.

Kabupaten Sidoarjo mengalami hal yang sama, dari total 212 pasien positif Covid-19,kapasitas Rumah Sakit rujukan hanya mampu menampung 160 orang, sebanyak 62 pasien saat ini tidak tertampung.

Joni mengharapkan dalam dua pekan mendatang Rumah Universitas Sakit Airlangga  dapat segera menyelesaikan pembangunan tambahan untuk tempat isolasi, yang nantinya dapat menampung sekitar 200 tempat tidur.

” Disana (RS Airlangga) nanti dapat menampung 200 pasien” kata Joni.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah menghubungi Kementrian Kesehatan, guna mendapatkan izin untuk menggunakan Gedung Puslitbang Humaniora yang berada di jalan indrapura untuk tempat isolasi, gedung tersebut diperkirakan dapat menampung sekitar 500 tempat tidur.

Sampai dengan hari Minggu tanggal 3 Mei 2020, di seluruh Jawa Timur tecatat pasien positif Covid-19 sejumlah 1.114 orang, yang cukup mencengangkan dalam 24 jam terdapat 77 pasien baru positif Covid-19.

Sumber : kompas.com

Editor : Adi Mubarraq