Brebes Disiapkan Untuk Relokasi Pabrik-Pabrik Amerika Dari China

0
346
Brebes Disiapkan Untuk Relokasi Pabrik-Pabrik Amerika Dari China
Presiden Amerika Serikat Donald Trump Dan Presiden Indonesia Joko Widodo (Foto sumber laman resmi , facebook.com)

JAYAWIJAYA.net, Jakarta – Ketegangan antara Amerika dengan China, boleh dibilang menguntungkan bagi Indonesia, pasalnya akibat dari ketegangan tersebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump berecana akan memboyong pabrik-pabrik Amerika Serikat yang berada di China ke Indonesia.

Rencana Donal Trump tersebut disampaikan beberapa hari lalu melakukan komunikasi dengan telepon kepada Presiden Joko Widodo tentang masalah penanganan Covid-19 di kedua Negara melalui sambungan telepon.

Hal ini baru terungkap saat Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan Video Conference dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Daerah Provinsi Jawa Tengah menuturkan, pembicaraan antara Ganjar Pranowo dan Luhut Binsar panjaitan membahas tentang rencana relokasi industri Amerika yang saat ini berada di China, yang rencananya akan ditempatkan di Kawasan Industri Brebes.

” Permasalahan saat ini adalah keterbatasan dana untuk pembebasan lahan” kata Prasetyo, dikutip dari bisnis.com, Minggu (10/5/2020)

Menurut Prasetyo setelah menetukan lokasi, akan dilanjutkan dengan pembuatan master plan baru akan dilanjutkan dengan pembangunan sarana dan prasarana penunjang Kawasan Industri Brebes.

Prasetyo menambahkan ada tiga lokasi di Provinsi Jawa Tengah yang menjadi prioritas dalam pembangunan nasional antara lain Kawasan Industri Brebes(KIB), Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasioanl Borobudur.

” Saat ini sedang disiapkan anggaran untuk pembebasan lahan dan infrastrukturnya oleh pemerintah pusat” jelas Prasetyo.

Perlu diketahui Kawasan Industri Brebes atau KIB dalam pengembangannya menurut Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti dikutip melalui jateng.tribunnews.com  sesuai dengan  Perda RTRW yang telah disahkan akan menelan lahan seluas 5.608 ha.

Menurut Idza beberapa waktu lalu kawasan seluas 5.608 ha itu akan terbagi menjadi empat kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung, Kecamatan Kersana, Kecamatan Bulakamba dan Kecamatan Ketanggungan.

” Alkhamdulillah Kawasan Industri Brebes masuk dalam Kawasan Strategis Nasional, untuk pembiayaan persiapan sarana dan prasarana pendukungnya dibantu Pemerintah Pusat” Jelas Idza di Pendopo Kabupaten, dikutip dari jateng.tribunnews.com Rabu,(4/12/2019).

Editor : Adi Mubarraq